Senin, 26 Mei 2014

Alergi Obat Bisa Bikin Kulit Melepuh dan Mengelupas

Mei 26, 2014



Menurut Health Detik DOTcom, Obat yang diresepkan oleh dokter memang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda bagi tiap-tiap orang. Sehingga tak jarang konsumsi obat bisa memicu alergi yang jika tak segera diobati akan menyebakan kulit melepuh dan mengeluarkan cairan berbau tidak sedap.

Ya, sindrom Steven Johnson terjadi ketika seseorang alergi obat hingga menyebabkan kulitnya kering, terkelupas, melepuh, hingga mengeluarkan cairan berbau tak sedap. 


Dikatakan dr Laksmi Duarsa SpKK dari D&I Skin Center di Denpasar, Bali, saat timbul reaksi alergi pada kulit, maka jaringan di antara sel-sel kulit akan mengeluarkan histamin. "Lama-lama kohesi atau perlekatan di antara jaringan kulit akan terlepas sehingga lapisan atas akan terangkat kalau terlalu banyak yang terangkat akan menyebabkan kulit melepuh," kata dr Laksmi saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (13/5/2014).

Hal serupa diutarakan dr Abraham Arimuko SpKK. Ia mengatakan pada dasarnya alergi memiliki tingkat ringan sampai berat. Pada sindrom Steven Johnson ini, alergi yang terjadi menyebabkan kerusakan pada jembatan kulit sehingga kulit di lapisan bawah mengalami kerusakan. 

"Lalu, kulit di bagian atasnya terangkat sehingga timbul gelembung (lepuhan) yang bila ukurannya makin besar maka bisa pecah. Nah, bau busuk ini ditimbulkan karena ada pecahnya protein di kulit," tutur dr Abraham.

Mekanisme beberapa obat seperti analgesik, antibiotik, obat jamur, atau obat anti kejang bisa menyebabkan alergi masih belum diketahui pasti. Meskipun dicurigai terjadi apoptosis (kematian sel) dan interaksi reseptor permukaan sel dengan ligand (sejenis molekul atau ion), demikian dikatakan dr Laksmi. (rdn/vit)

Tulisan diatas kami ambil dari Health Detik DOTcom atau bisa dibaca melalui link berikut : http://health.detik.com/read/2014/05/13/161217/2581433/763/ini-sebabnya-alergi-obat-bisa-bikin-kulit-melepuh-dan-mengelupas . Lantas bagaimana solusi untuk mengatasi alergi semacam itu ? Apakah alergi seperti itu bisa disembuhkan ?

Tahukan saudara-saudaraku bahwa kini ada metode penyembuhan alergi dengan teknik bio fisika ? Setahu kami banyak masalah alergi bisa diselesaikan dengan metode ini di BIO-E Harapan Indah. Untuk diskusi lebih detail silahkan hubungi BIO-E Harapan Indah di alamat berikut ini :

BIO-E HARAPAN INDAH
Ruko Griya Harapan Permai Blok AB 2 no. 8 Harapan Indah - Bekasi
Telp. (021) 88982888 Fax. (021) 8877758  


Written by

Berbagi ... sebagai ungkapan syukur kami karena keluarga kami mendapat solusi dari permasalahan alergi, semoga informasi kami bermanfaat bagi saudara sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Dokter Alergi. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top